Sabtu, 16 Mei 2015

Tanya & Jawab (Frequently Asked Question/FAQ) Agribisnis

Tahun 2008 yang lalu, gue menulis tentang kuliah Agribisnis di sini dan di sini. Tak disangka, kedua artikel itu menjadi salah dua artikel yang paling banyak pengunjungnya hingga saat ini. Senang bisa membantu memberi gambaran bahkan menyemangati siswa-siswi SMA yang sedang mempersiapkan dirinya untuk berkuliah di Agribisnis atau sekadar memberikan setitik pengetahuan tentang Agribisnis. Menurut gue pribadi, kedua artikel itu sebenarnya tidak memberikan informasi yang mendalam mengenai Agribisnis karena saat itu gue hanya menulis untuk menyemangati diri sendiri. Pada akhirnya banyak yang masih penasaran dengan Agribisnis dan gue membuka kesempatan bagi mereka yang ingin bertanya dengan mengirim pertanyaan melalui e-mail. Tahun demi tahun berlalu, semakin banyak pertanyaan yang masuk ke e-mail, twitter, bahkan media chat (sungguh, untuk yang terakhir ini gue benar-benar keberatan karena gue tidak pernah mengumbar id media chat untuk melayani pertanyaan seputar Agribisnis sehingga, menurut gue, orang yang “mengejar” gue sampai ke media chat sudah di luar batas dan pertanyaannya tidak gue layani).

Akhir-akhir ini pertanyaan yang masuk kembali membludak dan gue tidak sanggup membalasnya satu per satu karena waktu luang yang gue miliki semakin sedikit. Oleh sebab itu, gue menulis artikel ini untuk mewadahi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh siswa-siswi SMA yang sedang mencari tahu tentang Agribisnis. Dengan kerendahan hati, kehadiran artikel ini sekaligus memberi tanda bahwa gue tidak akan lagi membalas pertanyaan seputar Agribisnis yang dilayangkan melalui kontak pribadi gue, baik itu e-mail, twitter, media chat, facebook, telepon, SMS, hingga merpati pos (?).Mohon pengertiannya, ya :) Gue pun berharap gue bisa meng-update pertanyaan dan jawaban lainnya seiring permintaan dari para pembaca yang ingin mengetahui tentang Agribisnis.

Perlu diketahui sebelumnya, gue diterima di Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian (FP), Universitas Brawijaya (UB) pada tahun 2007 dan lulus pada tahun 2011. Jadi, semua yang gue jawab di sini berdasarkan pengalaman gue pada masa itu dan kemungkinan besar ada beberapa hal yang sudah tidak sesuai dengan saat ini. Bisa dipahami, kan? Baiklah, mari kita simak pertanyaan tentang Agribisnis yang sering ditanyakan berikut jawaban yang dapat gue jelaskan. Here we go!

Tanya (T): Agribisnis itu apa sih, Kak? Kuliahnya gimana? Yang dipelajari apa aja?
Jawab (J): Agribisnis merupakan salah satu jurusan kuliah yang multidisiplin, jadi secara garis besar ada tiga disiplin ilmu yang dipelajari. Pertama, ada ilmu ekonomi (contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Pengantar Ilmu Ekonomi, Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Dasar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Dasar Manajemen, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik, Manajemen Keuangan, Matematika Ekonomi, Perilaku Konsumen, Bisnis Internasional, dll). Kedua, ada ilmu sosial (seperti Sosiologi, Dasar Komunikasi, Komunikasi Bisnis, dll) dan ketiga ada ilmu pertanian (seperti dasar Ilmu Tanah, Dasar Agronomi, Dasar Hortikultura, Dasar Pemuliaan Tanaman, Fisiologi Tumbuhan, Produksi Tanaman Buah, dll). Namun ada juga mata kuliah lain seperti Statistika, Metodologi Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kuantitatif, dan mata kuliah umum seperti Bahasa Inggris, Agama, Kewarganegaraan, Kewirausahaan, dll. Semua mata kuliah yang gue sebutkan tadi belum mencakup semua mata kuliah yang gue pelajari di Agribisnis. Perlu diingat kembali, mata kuliah-mata kuliah itu berlaku pada saat gue kuliah, untuk sat ini tentu kurikulum dan  mata kuliahnya bisa saja sudah berubah.

T: Apa sih Kak, bedanya Agribisnis sama Agroteknologi?
J: Saat itu, belum ada jurusan agroekoteknologi di FP UB. Yang ada adalah jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (mencakup Program Studi Agribisnis serta Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian), jurusan Tanah, jurusan Budi Daya Pertanian, dan jurusan Hama & Penyakit Tanaman. Kalau tidak salah, sekitar tahun 2010 (mohon dikoreksi jika salah), jurusan di Fakultas Pertanian UB dilebur menjadi 2 jurusan, yaitu Agribisnis dan Agroekoteknologi. Jurusan Agribisnis melingkupi Agribisnis itu sendiri serta Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian,sedangkan jurusan Agroekoteknologi merupakan leburan dari jurusan Tanah, Budi Daya Pertanian, dan Hama & Penyakit Tanaman. Karena gue dulu belajar di Agribisnis, maka gue tidak terlalu tahu mengenai agroekoteknologi dengan pasti. Secara garis besar, Agroekoteknologi meliputi ilmu agronomi, hortikultura, pemuliaan tanaman, tanah, serta hama dan penyakit tanaman. Ilmu-ilmu ini cenderung mempelajari seputar ilmu alam.

T: Kakak dulu skripsinya tentang apa?
J: Topik skripsi yang gue ambil adalah manajemen strategik dan pemasaran. Objek penelitian gue merupakan jamu instan produksi salah satu Usaha Kecil Menengah jamu instan di Jakarta.

T: Gimana prospek pekerjaan lulusan Agribisnis?
J: Mengenai prospek perkerjaan, menurut gue setiap orang yang berkuliah di jurusan apa pun, asalkan ada kemauan dan kemampuan, semua orang bisa bekerja di manapun yang dia inginkan. Tapi gue akan jelaskan sedikit gambaran tentang pekerjaan yang menjadi pekerjaan teman-teman gue dari lulusan Agribisnis. Mayoritas dari mereka bekerja di sektor perbankan yang tersebar di berbagai posisi, dimulai dari front liner (seperti CS dan teller), legal, hingga analis. Ada juga teman-teman yang bekerja di sektor pertanian seperti industri kelapa sawit, perusahaan benih, perusahaan pupuk, perusahaan alat pertanian, dan sebagainya. Selain itu, ada juga teman-teman yang memilih untuk memiliki usaha sendiri dan ada juga yang menjadi PNS. Meski yang dipelajari di Agribisnis terkait dengan pertanian tetapi ilmu-ilmu ekonomi dan sosial (termasuk ilmu berbisnis) yang kami pelajari di Agribisnis tetap dapat diaplikasikan ke segala macam sektor sehingga lulusan Agribisnis dapat bekerja di sektor-sektor yang gue sebut barusan.

T: Kakak setelah lulus dari Agribisnis kerja di mana?
J: Setelah lulus S-1, gue langsung melanjutkan studi S-2 di Departemen Linguistik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Selama berkuliah S-2, gue sembari bekerja sebagai freelance editor, memasarkan produk coklat produksi teman gue, dan memiliki usaha kecil-kecilan di bidang handicraft. Setelah lulus S-2, gue memiliki pekerjaan pada posisi yang berkaitan dengan bisnis di salah satu perusahaan penerbitan buku di Indonesia.

***

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan selama gue membuka kesempatan kepada pembaca untuk bertanya lewat e-mail. Dari sekian banyak pertanyaan yang masuk melalui e-mail, gue merasa hanya sedikit siswa-siswi SMP/SMA yang memiliki kesantunan dan dapat menyampaikan pertanyaannya dengan baik kepada gue. Jadi, mohon disimak bagi kamu yang di lain waktu akan berkorespondensi dengan orang lain (terutama kepada orang yang belum kamu kenal sebelumnya) melalui e-mail. Pertama, beri salam. Jangan asal tubruk dengan pertanyaan. Kalau kamu langsung memberondong dengan pertanyaan, itu sudah seperti nyelonong masuk rumah orang minta air minum tanpa Assalamualaikum. Minimal sapaan “Halo” menurut gue sudah cukup. Kedua, perkenalkan diri kamu, minimal nama panggilan. Ketiga, gunakan kata serta kalimat yang baik dan benar ketika bertanya. Nggak usah plek ketiplek sama EYD, paling tidak sebelum mengirimnya, kamu mengecek pertanyaan kamu sendiri, apakah kalimat yang kamu pakai bisa dipahami oleh orang lain? Kalau itu semua sudah kamu lakukan, yang terakhir adalah jangan lupa ucapkan terima kasih. Bagaimana orang lain mau respek sama kamu kalau kamu tidak respek pada orang itu? Ya, kan? :)

Semoga semua yang gue tulis di sini membawa manfaat, ya. Pesan gue, selamat belajar dan tetap berdoa. Semangat!

Citta Lulus dari FP UB Tahun 2011

11 comments:

Mbak.. pin BB berapa? Xixix..

Hebat ya yang dapet Personal Contact itu, perasaan belum pernah liat di postingan blog ya Cit? Apa ada yang kelewat waktu saya hiatus? :D

Aku minta Pin ATM Mbak Irly aja deh, hihi. Waktu itu aku cuma nyantumin e-mail aja, eh kok tiba-tiba ada yang ngejar sampai ke media chat segala. Nice effort tapi ga sopan menurutku hehe.

Hey ka aku baru baca, tahun ini aku ambil snmptn jurusan agri. Jadi makin tau, makin paham, makin luass pengetahuan nih. Makasih banyak ya kak.

Sama-sama Agnes, senang bisa memberi informasi. Gimana nih SNMPTNnya, diterima kah? :)

Trima kasi ya kk gue jadi tambah yakin untuk jurusan agrobisnis yg saya pilih.

Setelah saya baca, gua jadi tambah yakin dengan jurusan agrobisnis yang gua pilih.
Makasih ya kk👍

Sama-sama, Febertogi. Selamat belajar, ya :)

Kak agribisnis tu masuk ke mata pelajaran apa ya, mksudnya lebih dominan ke biologi,fisika,atau kimia?

Kak agribisnis tu masuk ke mata pelajaran apa ya, mksudnya lebih dominan ke biologi,fisika,atau kimia?

Hai Kak ,mau nanya ini ' apakah penjurusan di agribisnis itu berpengaruh sama Pekerjaan kita? Contohnya saya ambil konsentrasi manajemen di prodi agribisnis

Hai kak..
Kak mau tanya ni aku smk jurusan tata boga kira kira ni ya kak kalo kuliah ngambil jurusan agribisnis kira kira nyambung gak ya kak?
Trimaksih..:)