Rabu, 08 Desember 2010

Keberuntungan

Gue pernah berdiskusi dengan beberapa orang mengenai makna kesuksesan. Obrolan tersebut lama-lama merembet ke arah “keberuntungan”. Ternyata, ada satu orang dari teman gue yang tidak percaya akan keberuntungan. Padahal gue dan lima orang teman yang lain percaya akan hal tersebut.

Menurut gue, keberuntungan merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan seseorang. Jika seseorang sudah berusaha sekuat tenaga namun keberuntungan belum berpihak padanya, percuma saja. Keberuntungan bisa didapat dari doa dan memang ada sih orang-orang yang memiliki hoki (keberuntungan) yang besar.

Gue ingat, teman kampus gue pernah bertanya ke salah satu teman gue yang saat ini sudah melewati ujian komprehensif, ”Syl, gimana sih caranya, kok kamu bisa cepet gitu?”

Dengan senang hati, dia membagi tipsnya kepada teman gue dan juga gue yang ikut mencuri dengar (karena memang mereka duduk di sebelah gue), “Aku tuh kalau berdoa sama Allah kayak gini: Ya Allah, berikanlah aku keberuntungan.”

Lalu gue mengangguk-angguk dan di dalam hati: Oh, iya benar juga ya..

Keberuntungan itu perlu. Gue kasih contoh ya. Di jurusan gue, dosen pembimbing skripsi ditentukan sama Ketua Jurusan, jadi kita nggak bisa milih mau dibimbing sama dosen yang mana. Kita hanya bisa mengandalkan keberuntungan masing-masing dan tentu harus tetap berdoa supaya nggak dapat dosen yang “bikin susah”.

Ada teman gue yang kemampuan akademiknya biasa-biasa saja, beruntung mendapatkan dosen yang baik dan mendukung mahasiswanya untuk segera lulus. Malah ada teman gue yang lebih pintar daripada gue, justru mendapatkan dosen yang “bikin susah”. Mungkin dia belum beruntung untuk mendapatkan dosen yang lebih baik.

Pastinya keberuntungan juga melalui ridho Allah SWT. Kalau belum beruntung, ya harus lebih usaha lagi dong. Dan perlu diingat juga ya, Allah SWT tidak akan pernah memberi cobaan di luar batas kemampuanmu.

Jadi, gimana? Masih ada yang nggak percaya kalau keberuntungan itu hal yang mustahil?

PS: Percayalah, keberuntungan itu ada, anak muda! ;)



5 comments:

kiiki percaya keberuntungan mbak, sayang nya keberuntungan kiiki jarang muncul... hahahah

haha sama kalau begitu.. ayo doa dan usahanya harus dikencengin kalau begitu :p

lucky is amazing :)

salam kenal yaa mbk :)

Niar: Indeed. Salam kenal juga Niar :)

yups :)

Sama-sama mbk nariswari:)