Kamis, 12 April 2012

Ketika Tiada Hari Tanpa Tugas


Bisa dibilang saat ini adalah masa-masa sekolah paling sibuk dari jenjang sekolah manapun yang pernah gue alami. Tugas belum selesai, bahkan belum tersentuh sekali pun, sudah ada tugas lain datang menanti. Begitu seterusnya, tidak pernah berhenti. Terus menghantui hingga akhir semester nanti. Jam tidur dikurangi, zona nyaman pun mulai dikebiri.

Meski sudah tahu resiko dari kembali berkuliah, gue pun menghadapi dengan setengah marah. Gundah. Gelisah. Sampai pasrah.

Hingga akhirnya penat ini gue keluarkan dari mulut untuk disampaikan kepada orang tua gue.

Di suatu makan siang, duduklah gue dan nyokap di depan meja makan. “Aduan” pun dimulai:
Gue (G)           : Bu, menurut aku, yang sepantasnya kuliah S2 itu anak SD, bukan orang-orang  dewasa.
Nyokap (N)     : Kenapa emangnya?
G         : Ya karena anak SD itu urusannya belum banyak. Orang dewasa kan urusan dan masalahnya lebih kompleks, ngurusin anak lah, punya kerjaan juga lah. Berarti yang harusnya punya banyak tugas itu anak SD dong, bukan orang dewasa yang nggak punya banyak waktu?!
N         : (dengan tenang menjawab) Ya karena dosen kamu itu orang dewasa yang juga nggak punya banyak waktu, dia harus ngurusin anak di rumah, dan punya kerjaan lain juga. Makanya dia ngasih tugas-tugas ke kamu supaya bisa ngurusin urusan yang lain.
G         : (diam, cengengesan) Oh iya ya…

Beberapa hari kemudian, gue kembali mengeluh di hadapan bokap dan nyokap, namun kali ini “aduan” diarahkan kepada bokap.
G         : Aduh pa, tugas aku banyak banget nih. Temen-temenku juga pada ngeluh belum selesai.
Bokap  : Udah dek, kamu harus bersyukur kamu masih sekolah. Percaya sama papa. Sekolah itu masa-masa paling enak.
Seketika itu bokap dan nyokap bercerita sedikit mengenai permasalahan dan konflik-konflik di dunia kerja. Gue pun kembali tersadar.

Ya, kalimat-kalimat dari orang tua gue itu menjadi sentilan tersendiri buat gue. Allah ngasih kesempatan gue untuk kuliah lagi karena Allah percaya bahwa gue sanggup melewati tantangan ini. Selain itu gue masih disayang dan dipersiapkan oleh Allah untuk memasuki dunia pekerjaan yang tantangannya “jauh lebih berat” di depan nanti. Ini semua adalah jalan terbaik yang memang sudah dipilihkan olehNya. Tentu harus gue jalani dengan sekuat mungkin agar tidak mengecewakan Allah dan orang tua.

Terima kasih papa dan ibu : )



NB: Tulisan ini dibuat untuk siapapun yang sedang dalam keadaan jenuh menghadapi tugas-tugas kuliah, terutama untuk teman-teman di Linguistik UI 2011.

19 comments:

ehehee iya bener kak, walaupun banyak tugas tapi tetep aja masa2 sekolah adalah masa paling enak. coba kalo udah gag sekolah, gag kerja = pengangguran, kerja dengan gaji kecil = ngeluh, kerja dengan gaji besar = capek, dll. hho
ikut giveawayku yuk kak. check this out ;) http://bermimpimeraihsukses.blogspot.com/2012/04/jejak-si-miaw-1-giveaway.html

itulah dunia sekolah. nikmati aja

Syifa: Iya bener, nggak pernah ada puasnya ya jadi manusia. Masih harus belajar bersyukur nih aku.. Hehe.

Mbak Fanny: Benuuul mbak! :)

Terima kasih mbak Dewi, ditunggu kunjungan kedua, ketiga, keempat, dan keseterusnya :D

Nikmatin dunia yang penuh warna ini, pasti akan berkesan kalau udah pnya anak, cucu, heheheh :D

Iya, yang paling penting adalah bagaimana ilmu kita bisa diteruskan kepada anak dan cucu kita :)

sekolah memang menyenangkan kok!
nikmati saja :D

Haha jatuh bangunpun akan saya nikmati :D
Terima kasih mbak atas kunjungannya :)

Hehe..dinikmati aja..semua masa ada enak n ga enaknya sendiri-sendiri..

Bisa jadi giliran nanti punya anak trus ngeluh kayak gini juga, citta yang jawab dengan tenang seperti ibu :D

Amiin, semoga saya bisa setenang ibu saya dalam meredam emosi anaknya :p

belum ngrasain beratnya kuliah, mgkin tahun ini :D

tapi ya disyukuri saja, kupu pas keluar dari kempompong juga berat kok, tapi akhirnya dia bisa terbang dgn indahnya ^^ #sokmotivator

Amiiin, selamat datang di dunia perkuliahan ya :)
Ciah kata-katanya bagus banget tuh! Memotivasi diri sendiri nih ceritanya? :p *puk-puk

Hehehe kata semua orang tua gitu ya,
sekolah masa yang paling enak...
Kalau dah kerja gak enak wkwkwk...
Dinikmati aja... hihihi...

Haha kalau gitu nanti kalau saya jadi orang tua, nggak mau kayak orang tua-orang tua masa kini ah. Biar kelihatan anti-mainstream dikit :p

Hahaha aku syukurin kalau nanti kalau kamu udah jadi orang tua, yang kamu pikirin sekarang dah jadi mainstream =p

Rencana kadang tidak sesuai dengan praktik ya.. Hari ini bisa rencana A eeeh besok-besok bisa lain lagi praktiknya, dasar manusia :D

Mau tanya, kuliah S2 linguistik UI ada kelas malamnya gak? dari hari apa sampai hari apa dan jam berapa. Makasih atas infonya...

Salam kenal Mbak Betsy... Linguistik di UI tidak ada kelas malam. Kami berkuliah di hari Senin sampai Jumat (tergantung jadwal kuliah) dengan waktu berkisar antara pukul 08.00-16.00 (lagi-lagi tergantung jadwal). Kalau mau tanya lebih lanjut, boleh e-mail ke dnariswari@ymail.com ya :)