Minggu, 17 Mei 2009

Guru dan Kasir

Ada dua profesi di dunia ini yang gak mau gw kerjain, yakni: guru dan kasir.

Kenapa? (Pasti lw semua pada bertanya-tanya.. Hehehe)

Bukankah guru adalah sebuah profesi yang mulia? Bener banget tuh, kalo ada yang beranggapan seperti itu. Bahkan, sampai ada pepatah yang mengatakan “ Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa “ (walaupun pada zaman sekarang sangat sedikit guru yang tidak mendapat “tanda jasa”). Tapi, lw jangan sampai lupa kalo guru itu juga menjadi objek utama dari sasaran caci maki siswa. Bener nggak?

Mungkin, karena gw sering banget menyumpah serapahi guru-guru yang pernah mendidik dan mengajarkan ilmunya kepada gw. Apalagi kalo guru itu orangnya nyebelinnn banget, gak bisa ngajar, kalo ngasih nilai pelit, de el el. Truz biasanya gw juga sering ngomongin si guru sama temen-temen gw. (Haha.. Ketahuan deh gw sering ngomongin guru!). Coba bayangin deh, apa enaknya sih, diomongin sama siswa yang kita didik? Setiap minggu kita ketemu, tapi siswa yang kita ajarin itu bukannya ngerespon pelajaran dari kita, malah semangat mencari kesalahan dari kita. Huh, enggak deh, buat gw punya profesi menjadi seorang GURU.


Kedua, kasir. Gw tau, jadi kasir itu pekerjaan yang halal dan tidaklah mudah. Justru karena tidak mudah itulah makanya gw nggak mau jadi kasir. (Please deh Cit, mana ada sih pekerjaan yang mudah?) Hehehe.. Ini sih berhubungan dengan kemampuan otak gw dalam hitung menghitung. Padahal, kalau hitung menghitung di mata kuliah Akuntansi atau Ekonomi, lumayanlah, gw bisa mencernanya dengan baik. Tapi, kalo dalam kehidupan real, gw nggak tau kenapa, otak gw ini lemot banget kalo disuruh menghitung uang. Selama ini gw berusaha untuk tidak mensugesti diri bahwa gw adalah seorang yang lemot dalam masalah hitungan uang. Tapi fakta-fakta menunjukkan gw memang lemah dalam hal itu, sob.

Dalam tiga minggu belakangan ini, gw telah dua kali mempermalukan diri gw sendiri di hadapan kasir mini market dekat kosan gw. Yang pertama, waktu itu gw pergi sendirian pesan bawal bakar di “Ibu Bakar” dekat masjid. Sambil nunggu pesanan gw itu jadi, pergilah gw ke Faja Mini Market, tapi gw lupa gw beli apa aja. Terus, pas udah selesai transaksi pembayaran, si kasir ngasih kembaliannya ke gw. Gw masih memegang kantong plastik belanjaan, dompet, dan uang kembalian yang emang belum gw masukkin ke dalam dompet. Uang itu dengan sibuknya gw hitung di depan si kasir. Saat itu si Kasir memberikan Rp 11.700 ke gw. Dengan agak emosi dan semangat mau ngajarin si Kasir, gw bilang ke kasirnya, “Mbak, ini kembaliannya kurang seribu. Tadi kan duitnya dua puluh ribu, belanjaannya 8.300, harusnya kan..” terus mata gw masih liat lembaran-lembaran uang di tangan gw. Si Kasir terlihat mau membuka mulut dan membela diri. Dan akhirnya gw tersenyum malu, “Eh iya deh, Mbak. Bener.. Maaf ya Mbak.. Hehe..”


Kejadian yang kedua terjadi di malam hari. Waktu itu gw baru pergi dari suatu tempat, terus gw melanjutkan perjalanan pulang itu untuk mampir terlebih dahulu di El-Farah Mini Market untuk beli roti tawar dan Lay’s. Tadinya gw pengen beli Sari Roti, tapi ternyata stoknya abis, jadi gw beli roti tawar pandan biasa, harganya Rp 6000. Harga Lay’s Cheezy Pizza (I really love it!) Rp 3100. Jadi totalnya kan Rp 9100. Gw ngeluarin uang Rp 50.000 dan Rp 100 logam, biar kembaliannya gampang, pikir gw. Tapi nggak lama, Rp 100 logamnya gw balikin lagi ke dompet, gw tuker pake seribuan. Saat itu pikiran gw udah kalut banget, gak fokus gitu. Gw berikanlah itu uang Rp 50.000 + Rp 1000 kepada si Kasir. Si Kasir ngeliatin uangnya, truz ngeliatin gw. Akhirnya dia balikin uang Rp 1000nya ke gw. Dia nanya, “Mbak, ada seratus?” Gw ambil deh tuh Rp 100. Kemudian si Kasir ngembaliin Rp 41000 ke gw. Gw bengong, balik gw yang ngeliatin si Kasirnya. Dengan tatapan bego, gw nanya ke Mbaknya, “Loh, Mbak..??”. Dengan sabar si Kasir jawab, “Iya, tadi kan Rp 1000nya Mbak udah saya kasih tadi ke Mbak. Jadi kembalinya Rp 41.000.” Di dalam otak gw masih muter-muter penuh dengan angka gitu. Akhirnya gw menyadari kebodohan gw, “Hehehe.. Udah malem, Mbak”. Si Mbak Kasir menjawab, “Iya, Mbak.”. Truz gw bilang lagi, “Maaf ya Mbak..”. Habis itu gw langsung ambil langkah seribu untuk kabur.


Sampai saat ini, gw belum berani menginjakkan kaki lagi di Faja maupun El-Farah. Malu aja gitu kalo si Kasirnya masih inget sama gw.. Hehehe.. Tapi untungnya, di dua kejadian itu, gak ada saksi mata selain gw dan kasir. Jadi gak ada yang tahu cerita bodoh gw ini kecuali Allah, gw, Kasir, dan lw yang sekarang lagi baca. Hahahaha…


Makanya. Nggak pantes banget deh gw jadi guru maupun kasir. Cari kerjaan yang lain aja ahh..

0 comments: