Kamis, 04 Juni 2009

Asal Usul Nama Indonesia

Kali ini gw mau bernasionalisme ria.. Berhubung dalam suasana (akan) mengerjakan karya tulis mata kuliah Kewarganegaraan.

Ceritanya, gw sedang mencari referensi dari internet buat tugas gw itu. Pas gw lagi baca-baca gitu, gw menemukan salah satu artikel yang membahas tentang sejarah nama Indonesia.

Pernah, salah seorang teman kuliah gw bertanya kepada dosen mata kuliah Kewarganegaraan gw itu: “Pak, sebenarnya nama ‘Indonesia’ itu berasal dari mana? Apa memang sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan dulu?”. Kemudian Si Bapak terlihat tidak bisa menjelaskannya, (dengan raut wajah berfikir) beliau malah menjawab sesuatu yang menurut gw (dan teman-teman lain) bukan jawabannya.

Nah.. Ini nih.. Alhamdulillah kebetulan gw nemuin artikel asal-usul nama “Indonesia”. Buat seorang teman gw yang bertanya itu, dan buat teman-teman gw yang lain.. Atau siapapun yang penasaran dengan sejarah nama negara tercinta kita ini, sok atuh.. Bisa dibaca nih di bawah ini..



Nama Indonesia

Refleksi ini kita awali dengan mengenang kembali nama Indonesia yang mungkin belum dikenal secara luas di tengah masyarakat bangsa Indonesia sendiri. Dalam tahun 1850, George Samuel Windsor Earl (1813-1865) berpendapat bahwa sudah tiba saatnya bagi penduduk Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu untuk memiliki nama khas, sebab nama Hindia tidaklah tepat dan sering rancu dengan penyebutan India. Earl mengajukan dua pilihan nama: Indunesia atau Malayunesia (nesos dalam bahasa Yunani berarti pulau). Earl sendiri memilih nama Malayunesia (Kepulauan Melayu) daripada Indunesia (Kepulauan Hindia), sebab Malayunesia sangat tepat untuk ras Melayu, sedangkan Indunesia bisa juga digunakan untuk Ceylon (Srilanka) dan Maldives (Maladewa). Earl berpendapat juga bahwa bahasa Melayu dipakai di seluruh kepulauan ini.

James Richardson Logan (1819-1869) juga menyatakan perlunya nama khas bagi kepulauan tanah air kita, sebab istilah “Indian Archipelago” terlalu panjang dan membingungkan. Logan memungut nama Indunesia yang tidak dipilih oleh Earl, dan huruf u digantinya dengan huruf o agar ucapannya lebih baik. Maka lahirlah nama Indonesia. Ketika mengusulkan nama Indonesia agaknya Logan tidak menyadari bahwa di kemudian hari nama itu akan menjadi nama resmi. Sejak saat itu Logan secara konsisten menggunakan nama Indonesia dalam tulisan-tulisan ilmiahnya, dan lambat laun pemakaian istilah ini menyebar di kalangan para ilmuwan bidang etnologi dan geografi.

Adolf Bastian (1826-1905), guru besar etnologi Universitas Berlin, tahun 1884 menerbitkan buku ”Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel” sebanyak lima volume, memuat hasil penelitiannya ketika mengembara ke ”Indonesia” pada tahun 1864-1880. Buku Bastian inilah yang memopulerkan nama Indonesia di kalangan sarjana Belanda, sehingga sempat timbul anggapan bahwa nama Indonesia itu ciptaan Bastian. Padahal Bastian mengambil nama Indonesia dari tulisan-tulisan Logan.

Orang Indonesia yang mula-mula menggunakan nama Indonesia adalah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), ketika diasingkan ke negeri Belanda. Pada tahun 1913 mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Pers-bureau. Istilah indonesisch juga diperkenalkan sebagai pengganti indisch (Hindia) oleh Prof Cornelis van Vollenhoven (1917). Sejalan dengan itu, istilah inlander sebagai sebutan orang pribumi secara bertahap diganti dengan indonesiƫr (orang Indonesia).

Sumber: Satu Abad Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia

Oleh Team LPPKB ( Posted on June 5, 2008)


Notes: Maaf, gw nggak mencantumkan weblog-nya. Karena gw nggak copy-paste alamatnya.. Maklumlah, di warnet.. Gw buru-buru gitu. Lain kali gw janji akan mencantumkannya. Sekali lagi, maaf..


0 comments: