Jumat, 14 Oktober 2011

4L




Mungkin di antara Anda ada yang sudah sering mendengar istilah ini. Tapi mungkin tak sedikit juga yang belum pernah mendengar istilah 4L.
Apa sih 4L?
4L = Lo Lagi Lo Lagi
Gue pertama kali mendengar istilah itu dari kakak gue sekitar enam tahun yang lalu. Di mana istilah itu sedang ngetren di kalangan teman-teman satu organisasi kakak gue di SMA.
Berhubung akhirnya gue bergabung dengan organisasi itu juga, maka semakin akrab lah istilah 4L di telinga gue. Ternyata, istilah itu digunakan untuk menyindir jika di organisasi kami hanya terdapat orang-orang itu saja yang eksis dan mau hadir dalam rapat. Sedih banget rasanya kalau cuma ketemu lo lagi lo lagi.
Dalam sejarah hidup gue, untungnya gue hanya sering berhadapan dengan 4L di berbagai organisasi yang gue ikuti di sekolah saja.
Karena gue memilih SD, SMP, SMA, dan universitas yang letaknya berjauh-jauhan jadi nggak ketemu sama orang yang lo lagi lo lagi.
Sempat sih, waktu TK dan SD gue memang bersekolah di satu yayasan yang sama. Bahkan yayasan itu memiliki sekolah hingga jenjang SMA. Coba bayangkan bagaimana jika gue melanjutkan sekolah di tempat itu sampai SMA? Yang ada makin nggak berkembang saja pergaulan gue, karena ada beberapa teman yang memang “betah” bersekolah di yayasan itu dari TK sampai SMP, bahkan dari TK sampai SMA! Pas gue SD saja, sebagian besar teman-teman gue adalah teman-teman gue di waktu TK.
Ketika SMP, bokap memutuskan agar gue bersekolah di SMP negeri yang letaknya tidak begitu jauh dari rumah. Dari SD gue, yang masuk ke SMP itu hanya sekitar tiga-empat orang. Sehingga bisa dikatakan, teman-teman di SMP merupakan lingkungan yang benar-benar baru untuk gue.
Kebetulan, SMP gue terletak di samping sebuah SMA negeri. Jaraknya hanya dibatasi oleh sebuah lapangan bola. Teman-teman gue banyak yang berorientasi masuk ke SMA tersebut jika sudah lulus SMP. Namun, SMA tersebut bukan SMA favorit. Maka gue dengan yakin tidak memilih untuk bersekolah di SMA tersebut, tetapi gue memilih salah satu SMA favorit yang letaknya agak jauh dari rumah.
Saat tes masuk SMA favorit tersebut, gue hanya bersama sekitar sepuluh sampai lima belas orang teman satu SMP. Ternyata dari SMP gue yang diterima hanya lima orang, termasuk gue. Maka gue pun memulai kehidupan di SMA dengan teman-teman baru dan terlepas dari 4L.
Ketika akan masuk ke perguruan tinggi S1, tentu tujuan individu satu dengan yang lain sudah sangat berbeda, karena masing-masing memiliki pilihan untuk berkuliah di mana dan jurusan apa. Karena gue “beruntung” mendapatkan tempat kuliah di timur Jawa dan tidak ada teman  SD/ SMP/ SMA yang satu jurusan dengan gue di kampus itu, maka lingkungan tersebut bebas dari 4L. FYI, ada sebuah universitas swasta di dekat rumah gue dan ternyata teman-teman SMP gue banyaaak sekali yang berkuliah di sana! 4L banget deh.
Untuk jenjang S2 yang baru gue jalani ini, gue juga terbebas dari 4L. Untuk teman-teman S2 ini justru gue lebih merasakan “warna” karena terdiri dari orang-orang yang usianya tidak sepantaran dengan gue dan berlatar belakang pendidikan yang berbeda. Tentu hal ini menambah khazanah pergaulan bagi gue.
Pada dasarnya gue lebih suka bertemu dengan orang baru, sebab di saat itulah kita bisa mendapatkan wawasan, ilmu baru, dan pengalaman yang berbeda.
Alangkah datarnya hidup Anda jika di dunia ini hanya bertemu dengan orang-orang yang itu-itu saja. Selamat mencari teman dan lingkungan pergaulan baru! 4L? Jauh-jauh deh :D

12 comments:

setuju banget kak xD
aku pernah juga 4L waktu SD & SMP. setelah SMA terbebas deh, bahkan sendiri (sedih juga) hehe.. kuliah memang bareng juga sama temen SMA, tapi jauh2an kampusnya. syukurlah :D

"Lo lagi lo lagi"?

Artinya orang yang jadi "free rider" alias "penumpang gelap" banyak ya... :D

Di organisasi pasti ada yg seperti itu. :)

Syifa: Hahaha selamat sudah terbebas dari 4L :)

Asop: Iya bener banget, di setiap organisasi pasti mengalami nasib yang serupa..
Eh terima kasih lho sudah berkunjung :D

hambar ya rasanya kalo terus-terusan sama. :P berarti kalo gue komen di blog ini, bisa-bisa dibilan 4L dong. tsah! :P

Tapi Lo Lagi Lo Lagi bikin kita kangen dengan itu semua,walaupun bosen ketemu dia lagi dia lagi tapi itulah yang membuat kita semakin dekat & tahu karakter kepribadian dia lebih dalam
Dah w follow blog u,gantian follow back balik ya

Iya memang benar kita bisa semakin mengenal seseorang dengan 4L, tapi esensi saya di sini adalah tentang memperluas pergaulan dengan bertemu orang-orang yang bukan hanya 4L saja.
Terima kasih sudah berkunjung. Ujung-ujungnya minta follow balik toh, udah saya follow kok :)

hehehehe... aahhh iaa cit tadinya gue juga mau pindah ke univ yang deket rumah lo itu.. tapii pastinya bakalan 4L dari temen tk sampe SMA
hehehehehe.. jadi mendingan yang agak jauuh kuliahnya :P

citt btw kuliah s2 dmn??

Retno: Hahaha bisa gaswat nih kalau temen-temen kita yang kuliah di tempat "itu" pada baca blog gue,bisa kena lemparan air kalimalang gue ntar :D
Alhamdulillah lanjut di UI, No.. :)

ini kayak aku pas sekolah, dari TK ampe SMA di sekolah yg sama. jadi bosen banget hehe. lu lagi lu lagi...temen2nya itu itu aja.

Belum pernah si ngerasain yang namanya 4L.
saya bersyukur punya teman yang setia.
dan selalu ketemu dengan orang2 yang baru :D

Mbak Fanny: Oh ya mbak? Hehehe maaf kalau tersinggung ;)

Uchank: Beneran belum pernah ketemu sama orang yang 4L? Waah menyenangkan sekali hidupnya :D