Jumat, 14 November 2008

Monopoly Syndrome

Kosan gw lagi kena sindrom akut nih.

Sindrom maen monopoli!!

Haha.. gak semuanya sih yang kena sindrom ini, lebih tepatnya cuma gw, Mbak Sovi, sama Mbak Nita. Iya, kita bertiga doang!! Dasar anak-anak yang laen chicken ahh.. maen ginian aja gak berani!

Udah dua malem ini kita begadang ngabisin malem buat maen monopoli. Taukah kamu, kita tidur jam berapa? Jam 02.00!! Secara awal maennya emang jam 21.00, biasalah.. gw sama Mbak Nita nonton Heroes dulu.. (My really fave tv series)

Jadi awalnya begini. KR 35 punya monopoli atas usulan seorang wanita yang sudah bosan menjalani hidupnya di Malang ini. Untuk menaikkan semangat hidupnya, dia membujuk temannya, Nope, agar berkenan untuk patungan membeli monopoli. Lalu, siapakah wanita itu? Ya siapa lagi kalo bukan gw sendiri!

Waktu jalan-jalan ke Matahari PasBes, kita liat-liat maenan. Ada monopoli, halma, de el el deh. Tapi harganya itu loh bok.. belasan sampe puluhan ribu semua! Ah, kalo begini caranya, kita harus ngurangin jatah makan siang tiga hari nih..

Tapi, gw gak putus asa. Berhubung Nope sebentar lagi pulang ke Madiun, jadilah gw nitip dia supaya beli di deket rumahnya aja. Habis, kalo di Malang sini kita gak tau dimana ada toko yang jual monopoli murah(an). Hehe..

Hari berganti hari, Nope akhirnya kembali lagi ke Malang. Gw sambut dia dengan ceria (tampang penuh harap).

Gw: “Bawa apa Pe? Mana oleh-olehnya?” –basa basi banget deh gw-

Nope: “Nggak, nggak bawa apa-apa. Cuma titipan buat Ibuk.”

Gw: “Oh..”

Nope: “Tapi aku bawa titipanmu.”

Gw: “Yee.. asiikkk.. Eh, berapa harganya?”

Nope: “ Sembilan ribu.”

Gw: “Oh, bagus-bagus..” -Gw tersenyum kemenangan-

Setelah itu gw sama Nope liat-liat maenan baru yang dia bawa. Wih, keren Cing! Satu lembar karton itu ada lima maenan yang berbeda! Ada monopoli (pastinya), halma, ludo, catur, dan ular tangga. Puas deh tuh.. tinggal pilih aja mau maen apa. Tapi malem itu gak ada yang maenin. Gw ajak sana sini gak ada yang mau maenan sama gw. Nope Cuma mau jadi bank. Yang laen pada sibuk sama urusannya masing-masing. Yah, masak gw maen sendiri?? Giling apa gw??

Keesokan malemnya, Mbak Sovi teriak-teriak ngajakin gw maen. Gw sih mau banget, tapi setelah nonton Heroes dong.

Jam 21.00 permaenan di mulai. Pesertanya cuma gw sama Mbak Sovi. Nope jadi bank. Gak papa lah, berdua doang, daripada gak maen sama sekali. Berhubung cuma berdua, permainan berjalan tanpa tantangan. Walau pada akhirnya gw ngutang sama Mbak Sovi 5000 dollar!

Mbak Nita naek ke ruang tv, tempat kita maen monopoli. Mbak Nita mau bergabung ikut maen. Eh, si Nope malah lengser. Jadinya kita maen bertiga tanpa banker. Awalnya permaenan smooth-smooth aja. Sempet mati lampu sesaat di kosan, tapi gak menyurutkan niat kita untuk terus maen monopoli. Uang hasil pajak yang ada di tengah papan udah bertumpuk banyak banget jumlahnya. Siapa yang dapet bebas parkir, berhak mengambil uang yang ada di tengah papan. Semua pemain pastilah ngincer uang yang banyak itu. Kita bikin janji, kalo uang itu belum cair, permainan kita gak akan berhenti. Sampe jam 4 subuh pun kita jabanin deh! Eh, sekitar sejam berikutnya, Mbak Nita dapetin angka dadu 6.

1, deg deg.. 2, 3, deg deg.. 4, 5, deg deg.. 6, BEBAS PARKIR!!

Hwa.. gw langsung tepar ke karpet, disusul Mbak Sovi. Jam satu malem kita teriak-teriak kayak orang depresi berat. Penantian dan harapan kita selama ini dengan mudahnya didapetin oleh Mbak Nita!! Hwaaaa.. Harga diri gw dan Mbak Sovi hancur berkeping-keping.

Permainan pun dilanjutkan, walau tanpa semangat lagi. Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Mbak Nita makin kaya, gw sama Mbak Sovi makin miskin. Akhirnya gw sama Mbak Sovi berkoalisi. Tapi tetep aja pailit. Soalnya Mbak Nita punya dua rumah di kompleks Afrika, kompleks termahal. Angka dadu gw kedapetan berhenti disitu. Gw gak sanggup bayar cash, yang ada gw jadinya utang. Melihat sikon yang gak mungkin dilanjutin lagi, kita berhenti jam dua malem.

Besok malemnya, kita maen lagi. Di permaenan pertama, Mbak Sovi dapetin bebas parkir. Gw langsung lari ke tangga, mau bunuh diri. Lebih baik gw mati daripada harga diri gw jatuh lagi. Pokoknya kali itu Mbak Sovi berjaya banget. Gw lagi-lagi utang banyak banget sama dia. Mbak Nita yang digantiin Mbak Ve –gara-gara Mbak Nita dapet telepon- juga ikutan melarat.

Permaenan kedua, gw yang dapet bebas parkir! Yes.. tapi kebahagiaan itu gak berlangsung lama. Dalam hitungan gak sampe sejam, gw udah bangkrut lagi. Gimana nggak, Mbak sovi sama Mbak Nita gila-gilaan bangun rumah disana sini. Satu kompleks dua sampe tiga rumah. Sedangkan jarang banget ada pemain yang berhenti di tanah punya gw. Sampe akhirnya gw berhenti di Afrika punya Mbak Sovi yang ada tiga rumahnya. Gw bisa bayar tapi alhasil uang gw cuma tersisa 30 dollar. Dan sialnya lagi, gw berhenti di tanah Mbak Nita yang ada tiga rumahnya lagi. Sudahlah. Gw mau berbuat apapun juga gak ada yang bisa nambahin uang gw. Gw undur diri dari dunia monopoli. Karena saat itu Mbak Sovi lagi berjaya dan dia masih bertahan pengen maen, gw disuruh ngasihin semua investasi gw ke Mbak Nita. Gw didaulat jadi banker dan megangin duit Mbak Nita. Menit demi menit berlalu, Mbak Nita melesat jauh ke depan dengan uang yang jumlahny besar. Mbak Sovi semakin mundur, hampir semua kompleks dihipotikkin buat bayar ke Mbak Nita. Karena gak sanggup lagi, permainan pun usai. Mbak Nita menang dengan uang 30.000 dollar lebih!

Jadilah gw menganugerahi Mbak Nita sebagai juara bertahan. Dan gw, sebagai si kalah bertahan.

0 comments: