Selasa, 11 November 2008

Stupid Farmer.. Duh.. Duh..!!

Sabtu ini tadi, gw bareng anak-anak yang ngambil mata kuliah Kesuburan Tanah, fieldtrip ke Hutan Konservasi Cangar dan kebun apel di Pujon. Gw ini masuk ke kelompok ABCDE, yang kelompok FGHIJ dan KLMNO beda-beda lagi tujuannya. Kebetulan aja gw, Tita, Devi kedapetan satu kelompok. Tapi dewi fortuna gak berpihak pada Usna yang masuk ke kelompok F, jadinya dia pergi fieldtrip ke tujuan yang berbeda sama kita bertiga –huhu.. sabar ya Na, udah ada Aziz kan yang jagain ?? :p- .

Udah disuruh ngumpul jam 6 pagi, dasar ngaret dan koordinasi yang kurang bagus (menurut gw), alih-alih berangkat jam 7.30, sinting!! Untung aja dapet snack, jadi ga makin dongkol aja tuh gw.

Kita berangkat naek angkot warna ungu pastel, so cute! Sama kayak fieldtrip tahun kemaren ke Coban Rondo, gw sama Tita duduk paling depan. Ini emang udah rencana, abisnya kalo perjalanan ke daerah atas kayak gitu kan jalanannya berkelok-kelok, kalo duduk di belakang bisa mabok deh gw. Gw duduk samping mas supir yang sedang bekerja. Tita duduk deket jendela.

Supir angkotnya masih agak muda, jadi gw manggilnya “Mas”. Ada temen gw yang duduk di belakang manggil si Mas Supir dengan sebutan “Pak”. Eeh.. si Mas Supir ga terima, “Aku belum bapak-bapak,” gitu katanya. Haha.. gokil banget si..

Ditengah-tengah perjalanan ke Cangar, gw ditanya-tanyain sama si Mas Supir. Berikuy percakapan gw dengan Mas Supir (MS):

MS: “Semester berapa?”

Gw: “Semester tiga.”

MS: “Pertanian ya Mbak?”

Gw: “Iya.”

MS: “Saya ini juga anak pertanian lho, Mbak. Bapak Ibu saya petani.”

-Duh mas, bilang aja anak petani, bukan anak pertanian. Artinya beda lho, Mas.-

Gw: “Oh ya, dimana Mas?”

MS: “Di Batu sana.”

Gw: “Nanem apa aja, Mas?”

MS: “Macem-macem, Mbak. Ada seledri, kubis, apel.”

Obrolan kita gak terhenti sampe situ. Tita juga sesekali menimpali. Si Mas Supir cerita-cerita tentang kubis di ladang Pakde-nya yang kemaren habis di ekspor ke Taiwan. Wah, oke juga tuh. Tapi, gw mulai berasa bego waktu ditanyain begini:

MS: “Mbak-Mbak, saya mau nanya.”

-Jleg, jangan nanya yang aneh-aneh ya..-

MS: “Kenapa ya Mbak, sekarang ini pemerintah nganjurin pertanian organik?”

-Eng ing eng. Betul kan, nanya yang aneh-aneh. Ketahuan deh gw begonya-

Gw: “Engh..ngh..”

–gw ngelirik ke Tita. Tita ngejawab dengan suara yang gak yakin-

Gw: “Organik kan bebas pestisida..”

????!!!!!!

Jlepp. Obrolan mengenai petanian organik akhirnya tersingkirkan. Iya. Maksud gw tuh, kalo bebas pestisida kan jadinya sayur dan buah terbebas dari bahan kimia dan membuat itu semua segar. Makanya, mungkin pemerintah sekarang menganjurkan itu. Tadinya mau gw jawab panjang lebar gitu, tapi gw malu. Karena temen-temen yang duduk di belakang bisa aja dengerin argumen gw, dan berpikiran bego-banget-sih-lw-Cit. Tapi gw kira, ada juga yang berpikiran bego-banget-sih-lw-Cit setelah mendengar jawaban gw yang sepotong itu tanpa penjelasan apapun. Hih, mana si Tita diem aja, ga ngebantuin!

Gak lama si Mas Supir nanya lagi.

MS: “Mbak, masuk pertanian alasannya apa?”

Gw: -nyengir kuda- “Hehe..hehe..”

MS: “Kenapa, Mbak? Jadi petani itu sulit.”

Gw: “Hehe.. kenapa ya? Nasib..”

MS: “ Hah? Maksud saya, temen-temen yang lain itu (temen-temen gw yang duduk di belakang-cZRed) masuk pertanian karena apa?”

Gw: “Hehe.. gak tau deh.”

Mendengar jawaban gw yang terdengar aneh bin ajaib itu, Mas Supir mengalihkan pembicaraan ke arah lain. Dia nanya-nanya nanti pas fieldtrip ngapain aja, apa yang diteliti, dan sebagainya. Itu sih masih bisa gw jawab dengan jawaban ala kadarnya. Sampai dia nanya sesuatu yang gw gak bisa tahu jawabannya lagi. Masak dia nanya, kalo dia mau neliti sample tanah ladang-nya ke Unibraw, kira-kira mahal apa enggak. Ya meneketehe. Dan lagi-lagi gak ada seorangpun yang bantuin gw jawab. Syake banget deh..

Yah, gitu lah. Tapi ada enaknya juga si Mas Supir bawel tanya sana sini. Sepanjang perjalanan, Alhamdulillah gw gak mabok! Walaupun sebetulnya gw ngantuk banget pengen tidur kayak temen-temen gw yang laen. Tapi gak mungkin, coz gw gak enak sama Mas Supirnya. Pas kita diem aja, dia bolak-balik nanya, “Kok diem?”. Alhasil gw terjaga sepanjang perjalanan.

Pas fieldtripnya, semua penjelasan yang dikasih mungkin sekitar 10%-nya aja yang gw serap. Sisanya kemana? Have fun! Have taken a lot of photos! Haha..

Dasar Citta, petani yang bodoh..

0 comments: