Selasa, 11 November 2008

Which better, dirty inside clean outside or clean inside dirty outside ??

Kosan gw, Kertorejo 35, mencakup 20 manusia bergender wanita yang beragam baik dari segi fisik maupun sifat. Fisik okelah, ada yang cantik, ada yang biasa-biasa aja. Ada yang kulitnya item banget sampe ada yang putihnya kayak Donita. Kalo masalah fisik sih gak ngeganggu, guys.

Tapi kalo udah ngomongin masalah sifat, nah ini nih yang suka bikin jadi masalah. Ya iyalah, secara manusia emang dilahirkan dengan sifat yang berbeda-beda. Dan gw rasa Allah pasti membuat sifat manusia ada yang baik dan ada yang buruknya. Gak mungkinlah ada orang yang baek mulu tanpa ada jahat-jahatnya, gitupun sebaliknya. Moga-moga aja perkiraan gw ini ga salah, coz ada aja orang yang menanggapi kalo orang jahat ya jahat aja, gak ada baek-baeknya, apalagi kalo orang itu udah sebel banget sama si orang yang gak disukainya itu (ini sih gw banget, hehe..).

Well, di kosan gw bernaung ini, udah biasa lah ya gw dengerin temen-temen yang lagi cekakak-cekikik di lantai dua sambil nyalain tv bervolume besar pas gw lagi belajar ataupun lagi sakit. Gw rasa di setiap kosan mana aja pasti ada yang kayak gitu, apalagi kosan cewek. Yah namanya juga cewek. Tapi keadaan yang kayak gitu buat gw agak jadi masalah. Apalagi kayaknya ga ada yang bisa toleransi sama perasaan penghuni yang lain. Huh.. Gw cuma bisa geleng-geleng kepala atau ngambil nafas panjang kalo udah kayak gitu.

Nah, yang mau gw bahas dalem-dalem disini adalah tentang kebersihan! Tentu aja ada sangkut pautnya sama sifat seseorang. Kosan gw ini dimiliki oleh seorang ibu yang sangat memperhatikan kebersihan. Temen gw aja pernah kena semprot waktu dia kepergok masuk kosan gw tanpa lepas sepatu. Sampe sekarang, si Ibuk (panggilan ibu kos gw) agak sensi kalo ketemu sama temen gw itu. Terus, di depan kamar gw ini terdapat loker sepatu semua anak. Dan anak-anak kosan pada suka males kalo harus langsung masukin sepatunya ke dalem loker. Gw juga biasanya gitu, apalagi kalo basah langsung dimasukkin ke loker kan jadinya lembab. Makanya suka gw diemin dulu sehari-dua hari di luar. Jadilah di dalem kosan ini penuh sepatu berserakan. Pernah suatu hari, sandal-sepatu kita yang berserakan itu tiba-tiba raib. Semua pada bingung ilangnya kemana. Ternyata, dimasukkin karung sama si Kiki (pembantunya Ibuk)!

Hah.. Tapi agak spesial sama cerita yang satu ini.

Ada seorang mbak kos gw yang joroknya gak ketulungan. Sebut saja Mbak Jorok (tentu bukan nama yang sebenarnya). Semua anak kosan maupun Ibuk sebel sama kelakuan dia. Udah dikasih tau berulang kali tetep aja bebel. Mulai dari dirinya sendiri, kamarnya, sampe keluar kamarnya pun ikut dijorokin sama dia. Kata anak-anak yang udah pernah masuk kamarnya, banyak CD (celana dalem, ups!) berkeliaran disana-sini (ada juga yang dikeringin diatas monitor!). Trus, banyak buku bertumpuk diatas tempat tidurnya, sampe-sampe ga ada space buat manusia tidur diatasnya –gw juga bingung selama ini dia tidur diatas kasur atau enggak-. Malah, dalam sebuah percakapan antar gw dan Yani (temen kos), pernah seperti ini:

Gw: ”Ih, gw ga pernah loh, masuk kamarnya dia.”

Yani: “Jangan, Cit.. Jangan ! “

Gw: “Kenapa emang?”

Yani: “Gw aja lho, masuk kamarnya dia harus tahan nafas.”

Haduh, emang seburuk itu ya kamarnya dia? Makin penasaran aja gw pengen liat kamarnya dia.

Itu kalo di dalem kamar, laen lagi sama kelakuan dia diluar kamar. Di ruang tv misalnya. Kita suka pada ngumpul di ruang tv kalo lagi makan. Anak-anak langsung pada gak nafsu makan kalo dia tiba-tiba ikut nimbrung di tengah-tengah kita. Baik dari cara makan maupun bau yang bersumber dari arahnya (Astaghfirullah..). Belum lagi kalo dia nyampah sampe berhari-hari ga dibuang. Itu baru tentang makan, belum tentang nyuci. Sekalinya nyuci tuh seabrek-abrek, nyempitin jemuran, dan parahnya lagi dia suka lupa (atau emang males) ngambilan jemuran. Jadinya di tempat jemuran tuh isinya entah CD entah bajunya dia semua yang dari basah-sampe- kering-sampe-bau-lagi. Huuaahhh..

Lain halnya dengan seorang mbak yang kamarnya selantai sama gw. Dia udah angkatan tua, jadinya sering pulang balik kosan-rumahnya. Kalo ada dia di kosan, tempat cuci piring lantai satu baunya suka gak sedap gara-gara dia kalo naruh piring bekas makan sampe berhari-hari gak dicuci. Bahkan sampe dia kelupaan tuh piring ditinggal tanpa dicuci waktu dia pulang ke rumah. Mending kuah bekasnya dibuang dulu kek, ini mah enggak. Gw sebel banget. Padahal orangnya tuh cantik.. duh duh tapi kok gitu ya..

Kepala rumah tangga lantai satu gw juga gitu. Pernah suatu saat gw nemuin kain pel bergantungan di atas kran buat wudhu. Gimana mau suci kalo pas kita wudhu, kepala kita kena kain pel? Pas gw tanyain ke kepala RT gw, ternyata dia bilang itu punya dia. Malah gw ditawarin, kalo mau pakai, disuruh ambil aja. What?? Dikira gw mau pinjem kali ya.. padahal niat gw mau negur. Huh CePeDe!

Ehm.. kalo gw nih.. jujur aja ya. Gw orangnya males banget. Di rumah aja hampir gak pernah kerja. Tapi kalo di kosan, karena ga ada yang ngerjain, jadi sekarang harus ngerjain sendiri . Kamar gak disapu dua-tiga hari biasa dong (hehe..). Walaupun gw males, tapi gw ga jorok. Kalaupun harus jorok, menurut gw, cukup di dalem kamar aja. Jangan sampe dibawa-bawa ke luar. Misalnya nih, pastinya gw juga males kalo harus langsung nyuci sendok habis makan. Tapi gak gw telantarkan begitu aja di tempat cuci piring. Jadi, sendok-sendok yang belum kecuci, gw taruh diatas ember yang ada di dalem kamar gw. Jadinya sendok gw juga gak kecipratan air-air berkuman. Beres kan?

Ternyata prinsip jorok-di-kamar-sendiri ini juga disetujui oleh Mbak Lia. Karena menurut kita, jangan sampe kejorokan kita itu mengganggu penghuni lain. Tapi tentu ya, jangan sampe jorok-di-kamar-sendiri ini bikin kita atau orang yang masuk kamar kita jadi gak betah di kamar kita. Caranya? Ya jangan sampe menumpuk berhari-hari dan jaga kamar tetap wangi! Supaya tamu yang masuk ke kamar kita gak modar.

So, which do you choose, dirty inside clean outside or clean inside dirty outside ??


0 comments: